MENGENAL PERBEDAAM KRIM BB, CC, DAN DD

 

Kalau kamu berkunjung ke counter kosmetik, kamu pasti akan melihat sederetan cairan dengan gradasi warna kulit. Formulasi yang menggunakan alfabet - seperti krim BB, krim CC, dan bahkan DD - sekarang sudah menjadi pelembap berwarna dan foundation standar untuk menjadikan kulit tampak sempurna. Tapi tahukah kamu apa kegunaan masing-masing krim ini? Apa perbedaan diantara ketiganya? Dan yang paling penting, mana yang harus kamu gunakan?

Artikel ini akan menjelaskannya untuk kamu.

 

Pelembap Berwarna:

Dari namanya saja sudah cukup jelas: produk ini memberi kulitmu sedikit warna dengan manfaat sebagai pelembap - biasanya warnanya sangat tipis. Tapi jenis pelembap ini sudah semakin jarang digunakan. Meskipun pelembap berwarna ini masih ada di pasaran dan mungkin masih banyak peminatnya, tapi sudah tidak diperbarui lagi. Sekarang krim alfabet lah yang menjadi trend.

 

Krim BB

Krim BB mampu memberikan efek menutupi noda dan kekurangan kulit wajah dengan manfaat perawatan kulit tanbahan seperti SPF dan anti-oksidan - daftar manfaatnya masih panjang tergantung dari merk apa yang kamu pilih. Krim ini lebih ringan daripada foundation tapi lebih berat dibandingkan pelembap berwarna. Meskipun bahan tambahan dalam krim BB bisa memberikan efek yang sama seperti serum, tetap berhati-hatilah dalam penggunaannya terutama sebagai tabir surya karena biasanya krim BB hanya digunakan tipis-tipis sehingga tidak cukup melindungi.

 

Krim CC

Perbedaan antara krim BB dan CC sebenarnya tipis saja - CC adalah singkatan dari color correcting atau koreksi warna kulit, dan produk ini dimaksudkan untuk masalah-masalah semacam kulit kemerahan atau warna tidak merata, sementara krim BB lebih seperti foundation ringan dengan manfaat perawatan kulit di dalamnya. Krim CC memperbaiki warna kulit dan akan tampak lebih cerah saat dioleskan ke kulit dibandingkan krim BB. Hasil akhir krim BB lebih terasa ringan dan lembut - seperti BB yabg diformulasi ulang.

Meskipun krim BB dan CC dipasarkan untuk hal yang berbeda, dan formulanya pun memang berbeda - namun setelah dicoba tidak akan terlalu terasa perbedaannya. Yang akan jadi pertimbangan hanyalah merk yang mana yang harus dipilih, karena manfaat dan efek coverage krim BB/CC sangat beragam pada tiap merk. Ada yang terasa pekat, membuat kulit gerah, cakey, tapi ada yang ringan namun mampu menutup noda dengan sempurna. Luangkan waktu untuk mencoba dan memilih yang tepat untuk kulitmu.

 

Krim DD

Pada dasarnya, DD adalah persilangan dari BB dan CC, dan merupakan singkatan dari Daily Defense atau perlindungan harian. Awalnya, krim ini dibuat bukan untuk wajah tapi untuk tubuh dan kaki. Itu di tahun 2012. Tapi sekarang sudah bermunculan produk-produk krim DD yang dibuat khusus untuk wajah yang berarti Dynamic Do-all alias krim serbabisa. Baik itu sebagai pelembap, tabir surya, maupun penutup noda pada wajah.

 

Foundation :

Jadi, kalau krim BB dan CC sudah mampu menutup noda dan bahkan memberikan manfaat perawatan kulit, apakah itu berarti foundation sudah tidak diperlukan lagi? Tidak juga.

Banyak orang yang masih suka menggunakan foundation tradisional, karena bisa dicampur-campur sendiri. Dan ini adalah perbedaan yang paling mencolok dari semua produk-produk diatas; krim BB/CC dan pelembap berwarna biasanya hanya tersedia dalam beberapa shade, sementara foundation bisa menyediakan lusinan warna sehingga bisa dicocokkan dengan warna kulit penggunanya. Krim BB dan CC lebih  seperti shampoo dan kondisioner all-in-one yang kurang sesuai keinginan. Krim BB bisa digunakan sebagai primer untuk kemudian dilapisi foundation.

Mengingat sekarang ada banyak sekali merk krim BB, CC, dan DD yang beredar, pilihlah dengan bijak. Jangan termakan iklan. Karena kulit setiap orang unik dan warnanya berlainan.