6 LANGKAH PERAWATAN KULIT MALAM HARI UNTUK WAJAH BEBAS KERUTAN

 

Entah saat ini umur kamu 25 atau 65, kamu pasti ingin selalu terlihat terawat. Tapi, tidak perduli bagaimana, setiap hari keindahan kulit kita akan berkurang sedikit demi sedikit. Kamu tidak bisa menghentikan proses penuaan, tapi kami bisa melakukan lebih untuk melindungi dan menjaga kulitmu saat ini. Mulailah dari malam ini - yang perlu kamu lakukan hanyalah mencuci muka.

 

1. Cuci dengan sabun dan air.

Ini bukan formula ajaib, tapi fakta logis. Benar memang bahwa beberapa orang punya kulit yang teriritasi oleh sabun dan air. Kalau kamu salah satunya, pastikan kamu menggunakan sabun yang mengandung ekstra lemak yang mampu melembapkan lebih baik. Apapun jenis kulitmu, goal-nya adalah membersihkan semua minyak, kotoran, kosmetik, dan polusi lingkungan yang menumpuk setiap hari di permukaan kulitmu - dan sabun yang bagus bisa melakukan semua itu.

Sabun jenis apa yang harus digunakan: sabun batangan boleh, atau kalau kamu suka, cobalah sabun berbentuk gel atau cair. Apapun pilihannya, gunakan yang tidak mengandung pewangi dan lembut; ia harus juga berbusa saat terkena air dan membersihkan dengan tuntas.

Bagaimana mencuci muka dengan benar: Selama 30 detik, pijat dan busakan dengan lembut sabun ke wajah dan leher. Jangan lupa kelopak mata yang juga terkena makeup.

2. Bilas wajahmu.

Gunakan air yang banyak - tidak panas, tapi hangat agar pembuluh darah terbuka sehingga peredaran darah pun lancar.

3. Busakan lagi.

Kali ini, lanjutkan bilasan air hangat dengan air dingin untuk mengecilkan pembuluh darah dan membantu mengencangkan kulit.

4. Keringkan wajah dengan handuk.

Ini bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk dan membantu sel kulit baru naik ke permukaan. Usapkan handuk ke arah atas wajah, melawan arah gravitasi. Tegas tapi lembut - handuk bisa mengeringkan tanpa harus terlalu ditekan. Wajahmu mungkin akan terlihat berkilau sejenak akibat eksfoliasi oleh handuk, tapi jangan kuatir, itu tandanya kulitmu sudah dirawat dengan baik.

 

5. Oleskan produk pelindung.

Kita semua membutuhkan kombinasi pelembap dan antioksidan (seperti vitamin C dan E, kedelai atau teh hijau, karena semuanya bisa memperbaiki kulit dan melindunginya dari polusi dan sinar ultraviolet.) Sederhanakan langkah ini dengan memilih pelembap yang mnegandung antioksidan. Lalu oleskan satu dari beberapa produk perawatan yang bisa menembus kulit dan membuat perubahan yang signifikan pada permukaan kulit. Langkah perawatan inilah yang membuat proses membersihkan wajah jadi lebih dari sekedar rutinitas sabun dan air.

Produk perawatan mana yang harus digunakan: pilihannya tergantung seberapa serius masalah kulitmu. Dan karena produk-produk ini bisa memberikan efek yang cukup kuat - misalnya, mengangkat satu lapisan kulit mati - kamu harus berkonsultasi lebih dulu dengan ahli kulit sebelum menggunakannya. Tapi berikut ini sedikit ulasannya.

Jika masalah kulitmu cukup ringan - misalnya garis-garis halus, sedikit noda merah, pori-pori besar - pertimbangkan untuk memakai pelembap yang bisa kamu beli di toko dan mengandung alpha hydroxy acid (AHA).

Langkah berikutnya dari produk perawatan adalah sekelompok vitamin A yang tersedia dalam berbagai dosis, mulai dari yang bisa dibeli di toko sampai yang harus menggunakan resep. Mana yang cocok untukmu? Jika garis-garis di wajahmu masih terbilang halus, coba produk yangvmengandung retinol. Untuk kerutan yang lebih nyata, berkonsultasilah dengan dokter untuk obat yang mengandung Retin-A dan renova yang melembapkan. Keduanya bisa memperbaiki kulit dengan menstimulasi produksi kolagen dan regenerasi sel kulit. Ada juga bukti bahwa keduanya busa mencegah atau memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari. Tidak semua kulit bisa merespon Retin-A dan Renova dengan baik (keduanya pada dasarnya bisa menyebabkan iritasi), tapi bisa sangat bagus untuk kulit yang toleran.

Dimana produk harus dioleskan: Retin-A dan Renova harua digunakan secara spesifik di bagian-bagian yang bermasalah, atau sesuai petunjuk dokter. Tapi produk perawatan lain harus dioleskan ke seluruh wajah.

 

6. Gunakan Pelembap

Mau wajahmu tampak halus dan sehat bukan kering dan bersisik? Maka kamu harus menyimpan sebanyak mungkin kelembapan di lapisan kulit mati di permukaan kulitmu. Minyak alami adalah "segel" paling bagus, tapi jika kulitmu tidak memproduksi cukup minyak, pelembap bisa membantu. Jika kamu sudah menggunakan produk perawatan, maka langkah ini sangat penting. Dan meskipun kamu sudah mengoleskan pelembap yang mengandung AHA, mengakhirinya dengan pelembap akan mengunci produk-produk yang sudah dioleskan sebelumnya  dalam kulit.

 

Itu saja 6 langkah perawatan penting yang bisa kamu lakukan sebelum pergi tidur untuk bangun dengan kulit yang lebih halus dan sehat.